cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga" : 8 Documents clear
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MASSED PRACTICE, DISTRIBUTED PRACTICE, DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING MENDATAR Dwi Hartanto, Ramdani Amrullah, Abdillah, Putra Sastaman, Agusniwati
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.308

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan latihan massed practice dan distributed practice terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola pada mahasiswa Penjaskesrek IKIP-PGRI Pontianak. (2) pengaruh kemampuan koordinasi mata-kaki tinggi dan kemampaun koordinasi mata-kaki rendah terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola. (3) Interaksi antara pendekatan  latihan massed practice, distributed practice dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan passing mendatar dalam permainan sepak bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 40 anak ini kemudian dikelompokkan sesuai rancangan faktorial 2 x 2 yaitu menjadi 4 kelompok yang dipilih dengan teknik random. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran. koordinasi mata-kaki diukur menggunakan soccer wall voley test dan tes menendang bola untuk mengukur kemampuan passing mendatar. Hasil penelitian: Hasil penelitian diperoleh nilai nilai peningkatan massed practice yaitu 3,30 sedang distributed practice hanya 1,00, dari angka-angka yang dihasilkan dalam analisis data  menunjukan bahwa perbandingan rata-rata peningkatan hasil kemampuan tendangan mendatar pada mahasiswa yang memiliki koordinasi tinggi lebih baik 1,5 dari pada kelompok yang memiliki kelincahan rendah.Berdasarkan teknik analisis data (1)Ada perbedaan pengaruh yang meyakinkan antara latihan massed practice dengan latihan distributed practice terhadap peningkatan kemampuan tendangan mendatar dalam sepak bola pada mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak. (2) Ada perbedaan pengaruh yang meyakinkan antara koordinasi tinggi dan koordinasi rendah terhadap peningkatan kemampuan tendangan mendatar dalam permainan sepak bola pada mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak. (3) Tidak ada interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata-kaki dalam peningkatan kemampuan tendangan mendatar dalam permainan sepak bola.Kata Kunci: Massed Practice, Distributed Practice, Koordinasi Mata-Kaki, Passing Mendatar.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SMASH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN GAYA KOMANDO Ilham Surya Fallo, Hendri
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.309

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar smash permainan bola voli melalui pembelajaran gaya  komando pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Pontianak. Alat pengumpul data yang digunakan lembar observasi dan tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis berdasarkan nilai rata-rata.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan smash dalam permainan bola voli dengan menggunakan gaya  komando pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Pontianak yaitu rata-rata sebesar 73,94, dan peningkatan sebesar 5,48% pada siklus I, serta rata-rata 84,13 dan peningkatan sebesar 20,02% pada siklus II.Kata Kunci: Smash, Permainan Bola Voli, Gaya Komando.
HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT DENGAN SERVIS ATAS BOLA VOLI MAHASISWA PUTRA PENJASKES IKIP-PGRI PONTIANAK Iskandar Iskandar
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dengan keterampilan servis atas bola voli. Penelitian dilakukan di STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat pada semester genap  tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa penjaskes STKIP PGRI Pontianak semester dua. Sampel penelitian 50 orang yang diambil secara acak sederhana. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen (1) tes kekuatan otot lengan, (2) tes Keterampilan Servis Atas Bola Voli. Analisis data menggunakan statistik korelasional dengan taraf signifikan α= 0,05.Penelitian memberikan hasil sebagai berikut: terdapat hubungan positif yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan keterampilan servis atas bola voli dengan koefisien korelasi ry1 = 0,414. Implikasi studi ini adalah keterampilan servis atas bola voli pada mahasiswa penjaskes STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat.Kata Kunci: kekuatan otot, servis atas bola voli.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVICE ATAS BOLAVOLI MELALUI METODE BERMAIN Rajidin Rajidin
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan service atas permainan bolavoli melalui metode bermain mahasiswa semester IV Penjasjesrek IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas B Pagi IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 23 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan service atas bolavoli. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan service atas bolavoli. Kesimpulan penelitian iniadalah: Metode bermaindapat meningkatkan keterampilan service atas bolavoli. Kata Kunci: Bolavoli, Service Atas, Metode Bermain.
SURVEI KEBUGARAN JASMANI ATLET RENANG USIA 10-12 TAHUN Rusdi, Zainal Arifin, Asmutiar
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat kebugaran jasmani atlet renang usia 10-12 tahun melalui tes dan pengukuran pada atlet renang putra. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif  dan bentuk penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 orang  atlet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia dan teknik analisis data menggunakan Norma Analisis Presentasi (%). Hasil penelitian mengatakan bahwa sebanyak 5 orang atlet memiliki tingkat kesegaran jasmani baik sekali (bs) yaitu berada pada interval (22-25), 11 atlet memiliki tingkat kesegaran jasmani dengan klasifikasi baik (b) yaitu berada pada interval (18-21), 7 orang atlet dengan klasifikasi sedang (s) berada pada interval (14-17) dan 1 orang dengan klasifikasi kurang (k) berada pada interval (10-13).Kata Kunci: kebugaran Jasmani, Atlet renang, Usia 10-12 tahun.
PENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE LEARNING TOGETHER Stephani Yane, Amalia Pratami
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pembelajaran Passing Bawah bola voli melalui metode Learning Together. Adapun variabel masalah  adalah  passing bawah bola voli dan variabel tindakan adalah metode learning together. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpul data lembar observasi dan instrumen proses. Diperoleh bahwa peningkatan pembelajaran terjadi di pra siklus hanya 38,71% atau 12 siswa yang tuntas dengan rata-rata 63,06, pada siklus I sebesar 58,06% atau 18 siswa dengan rata-rata 70,70 dan di siklus II meningkat menjadi 93,55% atau 29 siswa dengan rata-rata 78,54. Berdasarkan pengolahan data dapat disimpulkan adanya peningkatan pembelajaran passing bawah bola voli setelah diberikan penerapan metode learning together.Kata Kunci: Passing Bawah,  Bola Voli, Metode Learning Together.
PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SD KELAS V Sumbara Hambali
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.314

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukasirna Kec. Paseh Kab. Sumedang.Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakansesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran passing bawah adalah sebesar71,48 atau 74,07% siswa lulus, dan 25,93% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran passing bawah meningkat menjadi 78,52 atau 92,59% siswa lulus dan sisanya 7,41% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah menggunakan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukasirna Kec. Paseh Kab. Sumedang.Kata Kunci: Metode Bermain, Hasil Belajar, Passing Bawah.
PENGARUH LATIHAN DISTRIBUTE PRACTICE DAN MASSED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND TENIS MEJA PADA MAHASISWA PUTRA Zusyah Porja Daryanto, Heri Rustanto, Awang Roni Effendi, Mira Fuzita
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v5i1.315

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh metode latihan distributed practice terhadap kemampuan pukulan forehand  pada mahasiswa putra semester III penjaskesrek FPOK IKIP-PGRI Pontianak. (2pengaruh metode latihan massed practice terhadap kemampuan pukulan forehand  pada mahasiswa putra semester III penjaskesrek FPOK IKIP-PGRI Pontianak. (3) perbedaan pengaruh metode latihan distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan pukulan forehand pada mahasiswa putra semester III penjaskesrek FPOK IKIP-PGRI Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Semester III tahun 2015 penjaskesrek FPOK IKIP-PGRI Pontianak yang berjumlah 24 orang mahasiwa. Teknik pengumpulan data dengan teskemampuan Pukulan Forehand Tenis Meja.(1) Metode latihan distributed practice memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pukulan forehand pada mahasiswa putra semester III penjaskesrek FPOK-IKIP PGRI Pontianak. (2) Metode latihan massed practice memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pukulan forehand pada mahasiswa semester III penjaskesrek FPOK IKIP-PGRI Pontianak. (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan distributed practice dan massed practice. Metode latihan massed practice lebih baik dibandingkan metode latihan distributed practice dalam meningkatkan kemampuan pukulan forehand  pada mahasiswa putra semester III penjaskesrek FPOK IKIP-PGRI Pontianak. Kata Kunci: Distribute Practice, Massed Practice, Forehand.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue